Peduli Tidak Bikin Rugi



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Ada baiknya kita melihat kehidupan ini sebagai sebuah misi. Misi yang bukan sembarang misi, misalnya menyangkut keuntungan materi dan mengejar prestasi, melainkan tujuan yang cakupannya lebih luas. Bayangkan jika keberhasilan yang kita raih memungkinkan kita membantu, melayani dan menolong orang lain. Dari sanalah akan muncul kebahagiaan dalam diri kita. Kebahagiaan ini berbeda dengan kebahagiaan yang kita alami saat kita punya banyak uang dan dapat membelanjakannya untuk apapun. Mungkin kita belum sepenuhnya percaya bahwa kepedulian sosial akan mendatangkan keuntungan dan prestasi. Berikut penjelasannya
Kita Dan Energi Positif
Kecuali orang-orang yang tidak tahu dan masa depannya suram, rata-rata orang ingin bisa menebarkan energy positif kepada orang lain, beginilah cara-caranya
a.    Tampilkan diri sebagai orang yang optimis, bergairah dan memercayai orang lain.
b.    Tampillah sebagai penengah dalam sebuah dalam sebuah persengketaan. Berikan jalan keluar yang damai untuk mengalahkan kekuatan yang merusak.
c.     Berilah kepercayaan kepada orang-orang di sekitar kita. Dengan begitu, orang lain pun akan menaruh kepercayaan kepada kita.
d.    Jangan bereaksi berlebihan terhadapa kelemahan orang lain yang bersifaat manusiawi. Untuk itu, yakinkan diri kita bahwa setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing.
Berkompromi memang penting, tapi bukan berarti kita tidak memiliki prinsip. Jika penerapannya pas maka kompromi akan memberikan jalan keluar dari berbagai konflik, baik yang bersifat pemikiran atau keinginan. Sikap kompromis pun sejatinya adalah bentuk pancaran energi positif yang menawarkan perdamaian dan kebaikan. Kompromi akan melawan kekuatan negatif, seperti seperti potensi pertengkaran dan perpecahan.
1.     Mari Berbagi
Ketika kita memasuki lingkuangan pergaulan seperti sebuah komunitas, atau yang biasa disebut dengan system sosial, tampilakanlah sikap-sikap yang memberikan pengaruh positif. Pepatah mengatakan tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Maka berikanlah ketulusan untuk berbagi kepada orang lain. Dalam kehidupan sosial, sebagian orang hanya member untuk memuaskan ego semata. Padahal member dengan tulus dan ikhlas dapat menumbuhkan perasaan positif. Belajarlah member tanpa mengharapkan imbalan karena hal itu akan menumbuhkan kepuasan dan kebahagiaan.
2.     Hormat
Semua orang akan senang jiak mendapatkan kehormatan. Pasti kita pun akan merasa demikian. Sikap menunjukkan kehormatan pada dasarnya merupakan salah satu perwujudan kebanggaan hati, selain dengan membanggakan diri sendiri. Ibaratnya, kedua hal itu adalah sisi terang dan sisi gelap dari hati yang bangga.
Perbuatan amal, sikap toleransi, dan kerendahan hati memiliki nilai yang tinggi di mata masyarakat kita. Kerendahhatian dan penghormatan pun saling bertautan. Maka percayalah kepada diri sendiri dan singkirkan keinginan untuk membuktikan bahwa diri kita lebih baik dari orang lain. Tentunya hal ini berlaku pada tampat dan kondisi yang pas.
3.     Be Real
Be real adalah sebuah gagasan yang menyatakan supaya kita menjadi diri sendiri, memperhatikan seseorang dengan tulus, dan tanpa kepura-puraan. Kesungguhan dan kesabaran merupakan kondisi awal dari sebuah ketertarikan. Perkataan diri kita sendiri tentang kehidupan dari hari ke hari akan membawa efek yang luar biasa. Khususnya jika kita kurang percaya diri, marilah kita memikirkan diri kita sebagai pribadi yang menarik. Pertahankan pemikiran itu sejelas mungkin dalam pikiran kita, dan dengan sendirinya kita akan menjadi magnet yang menarik segala hal yang dibutuhkan untuk menyempurnakan pandangan itu. Jadilah orang yang ceria, penuh harapan dan buatlah dunia terpikat.
4.     Hidupkan Hidupmu
Mungkin diantara kita ada merasa minder karena penampilannya, mau bagaimana lagi, Allah swt memang telah menkdirkan setiap orang memiliki kekhasan masing-masing, termasuk dalam hal paras wajah. Akan tetapi perlu kit ingat bahwa itu bukanlah akhir dari segalanya. Dengan modal keceriaan saja, kita bisa terlihat menarik meskipun mungkin wajah kita pas-pasan.
Jadi tunggu apalagi segeralah pandang hidup ini dengan sikap positif dan lebih optimis sehingga wajah kita akan ceria. Hiasi hidup ini dengan senyuman, karena hal ini akan memancing reaksi otak untuk memprosuksi hormone endorphin yang mampu memindahkan rasa sakit.
Sebuah senyuman juga akan membantu tubuh kita dalam berelaksasi. Stress pun lambat laum akan luruh. Senyuman juga menebarkan kegembiraan kepada orang lain. Selagi kita bersama orang lain, senyuman dapat memperpendek jarak diantara kita. Jadi tersenyumlah, sebelum senyum itu dilarang.
5.     Gairah Positif
Cita-cita yang besar tidak akan tercapai tanpa kegairahan. Gairah ini bukan sembarangan, melainkan gairah yang positif. Kita bisa menguji gairah positif dengan mencermati interaksi kita dengan orang lain. Jika orang-orang di sekitar kita menjadi bersemangat setelah berinteraksi dengan kita, maka itulah yang sibeut garah positif. Gairah positif akan benar-benar kita miliki ketika kita bisa menginspirasi dan menjadi sumber energy bagi orang lain.
Bagaimana cara menumbuhkan gairah positif? Pertama, kita harus yakin terhadapa aktifitas kita. Kalau tidak yakin jangan melakukannya. Setelah itu, beraktivitaslah dengan penuh cinta, meskipun hal demikian tidak menjanjikan manisnya dunia kepada kita. Singkatnya, gairah positif akan menciptakan hal luar biasa kepada kita maupun orang lain.
6.     Menjaga Tata Krama
Sopan santun yang kita tunjukkan merupakan sebuah contoh bagi orang-orang di lingkungan kita. Kesopanan dan kebaikan kita akan membuat orang lain percaya. Kehalusan tata krama kita juga akan membuat orang lain merasa nyaman berinteraksi dengan kita. Tata krama dari kita akan memberikan rasa nyaman kepada orang lain. Maka bersikaplah penuh tata krama. Bukan saja kepada orang-orang tertentu, seperti orang yang lebih tua, orang yang terhormat atau orang yang kaya. Tata krama juga berlaku saat kita berhubungan dengan orang yang baru kita kenal (tidak peduli status dan kedudukan mereka), orang yang lebih muda, dan sebagainya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment