4 Sifat Orang Munafik yang Wajib Kita Ketahui



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Allah swt berfirman di dalam surah An-Nisa ayat 145
Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka (QS. An-Nisa [4]: 145).
Dari ayat tersebut jelaslah ancaman yang Allah jelaskan kepada kita tentang bagaimana kondisi orang-orang munafik di akhirat kelak. Mereka kelak akan ditempatkan di dasar neraka sedang mereka tidak akan mendapat pertolongan dari siapapun. Oleh karena itu, sebagai seorang mu’min patutlah kita menghindari sifat yang berkaitan dengan kemunafikan, agar kita terhindar dari murka dan azab Allah swt. Berikut adalah diantara tanda-tanda orang munafik:
1.     Jika Mereka Berkata Selalu Dusta
Perkataan yang keluar dari orang-orang munafik adalah perkataan dusta, apa yang mereka katakan senantiasa tidak sesuai dengan perbuatan mereka. Inilah salah satu sifat yang sangat jelas terlihat pada orang-orang munafik. Dan menjadi pembeda utama antara seorang munafik dan seorang mu’min. karena seorang mu’min apabila berkata selalu jujur dan tidak ada dusta dalam hidupnya.
2.     Jika Diberikan Amanah Dia Berkhianat
Apapun titipan orang adalah amanah baik itu adalah benda maupun perkataan. Amanah dalam bentuk benda misalnya orang menitipkan kendaraan kepada kita dengan pesan kendaraan tersebut tidak boleh dipakai, maka kita harus memegang amanah tersebut dan tidak boleh memakai kendaraan tersebut. Sedangkan contoh amanah perkataan misalnya seseorang menceritakan sebuah rahasia kepada kita dan berpesan agar tidak menceritakannya kepada oang lain, maka ini adalah amanah dan ketika meceritakannya kepada orang lain berarti kita telah melanggar amanah tersebut. Dan orang munafik selalu melanggar amanah yang diberikan kepadanya mereka salalu berkhianat kepada orang-orang yang memberikan amanah kepadanya.
3.     Jika Mereka Berjanji Mereka Mengingkari Janjinya
Ini adalah Salah satu sifat orang yang munafik, ketika dia memberi janji selalu dia ingkari, dia mudah memberi janji akan tetapi tidak pernah memenuhi janji tersebut. Apalagi jika janji tersebut dibarengi dengan nama Allah misalnya dia bersumpah dengan nama Allah, atau menggunakan kata Insya Allah akan tetapi pada akhirnya dia tidak melaksanakan janjinya. Sehingga saat ini muncullah persepsi  kata Insya Allah itu seolah-olah tidak pasti, padahal kata Insya Allah seharusnya digunakan untuk sebuah kepastian. Karena Insya Allah lebih hebat dari kata-kata pasti. Oleh karena itu jangan mudah memberi janji yang tidak bisa kita tepati.
Ada kaidah penting dalam hidup seorang mu’min yaitu “Fi kulli saharatin raha” yang artinya “Disetiap Keterus-Terangan Ada Ketenangan Jiwa”. Hindari basa basi karena orang mu’min hanya punya satu wajah, jika tidak maka berterus teranglah dan katakan tidak, jangan memberi haparan palsu kepada orang lain.
4.     Jika Berdebat Mereka Curang
Ini adalah salah satu sifat yang dimiliki orang munafik, jika dia berdebat dia selalu curang. Orang beriman tidak butuh berdebat. orang yang suka berdebat adalah ciri orang munafik, karena dia tidak mau kalah dengan orang lain. Bahkan mereka tetap ngotot meski sudah jelas-jelas salah. Inilah yang dimaksud apabila orang munafik berdebat mereka curang. Orang yang baik adalah orang yang selalu menerima jika itu adalah sebuah kebenaran. Jika kita dinasehati, tugas kita adalah menerima, mencerna, memilih yang baik kemudian dijalankan. Dan menghindari membantah orang yang menasehati kita. Jangan pernah membalas kebodohan dengan kebodohan akan tetapi balas kebodohan dengan kepintaran.
Kata Nabi saw jika keempat sifat ini berada pada diri seseorang, pastikan dia adalah benar-benar orang munafik hingga dia berobat kepada Allah swt. Mudah-mudahan kita terhindar dari sifat-sifat tersebut dan kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang munafik yang di akhirat kelak akan masuk ke dalam neraka yang paling dalam. Naudzubillahi min dzalik.
Wallahua’lam Bissawab
Sumber: Kajian Ust. Dr. Khalid Basalamah

Previous
Next Post »
Thanks for your comment