Dahsyatnya Dosa Meninggalkan Salat



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Salat adalah rukun islam yang kedua setelah mengucapkan syahadat, kedudukan salat sangat tinggi bahkan mengalahkan amalan yang lain, bahkan kelak dihari kiamat amalan yang pertama kali dihisab adalah salat, apabila baik salatnya maka baiklah seluruh amalan yang lain, akan tetapi jika buruk salatnya maka buruklah seluruh amalan yang lain. Inilah yang membuat kedudukan salat sangat tinggi di Sisi Allah swt. Meninggalkan salat adalah dosa besar, bahkan jika seseorang meninggalkan salat karena membangkang (Jahdan) maka dia telah kufur atau keluar dari agama islam, sedangkan jika seseorang meninggalkan salat karena malas (Takatsuran) maka dia diingatkan, dimarahi bahkan dihukum. Terdapat beberapa dalil yang berkaitan dengan kasus meninggalkan salat ini
Firman Allah swt surah maryam ayat 59
Kemudian datanglah setelah mereka, pengganti yang mengabaikan salat dan mengikuti keinginannya, maka mereka kelak akan tersesat (QS. Maryam [19]: 59)
Berdasarkan ayat di atas bahaya orang yang meninggalkan salat adalah akan datang generasi setelah mereka yang juga meninggalkan salat dan setiap orang yang meninggalkan salat maka pasti akan mengikuti hawa nafsunya dan mereka kelak akan menemui kesesatan karena tidak ada lagi petunjuk bagi mereka.
Firman Allah dalam surah Al-Ma’un ayat 4-5
Maka celakalah orang-orang yang salat (Yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya (QS Al-Ma’un [107]: 4-5).
Yang dimaksud dengan lalai adalah seseorang yang salat saat dia mau atau termasuk orang yang meninggalkan salat karena malas-malasan. Dan kelak di Neraka ada satu tempat yang bernama saqar yang dikhususkan untuk menyiksa orang-orang yang tidak salat sebagai mana firman Allah dalam surah Al-Muddassir ayat 42-43
“apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) saqar?” Mereka menjawab, “Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan salat (QS. Al-Muddassir [74]: 42-43).
Nabi saw bersabda, Perjanjian antara kita dan mereka adalah salat maka barang siapa meninggalkannya maka dia telah kafir (H. R. Tirmizi dalam Kitabul Iman)
Hadis ini menjelaskan bahwa nabi mengatakan kepada kita bahwa perbedaan dasar antara kita dan orang-orang kafir adalah salat jadi ketika seseorang meninggalkan salat secara Jahdan maka dia telah termasuk ke dalam golongan orang-orang kafir.
Kemudian Nab saw juga bersabda, Barang siapa yang luput mengerjakan salat asar maka amal ibadahnya telah gugur. Hadis ini menjelaskan diantara 5 waktu salat yang paling afdal adalah salat asar, datang setelahnya Subuh dan Isya, setelah itu zuhur dan Magrib.
Nabi saw bersabda, Antara seorang dengan kemusyrikan adalah meninggalkan salat (H.R. Muslim dalam Kitabul Iman).
Nabi saw juga bersabda, Amal yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya, apabila baik salatnya maka dia beruntung dan sebaliknya jika buruk salatnya maka dia akan merugi.
Nabi Muhammad saw bahkan memerintahkan kita untuk memerangi orang-orang yang tidak melaksanakan salat, sebagaimana sabda beliau, Aku diperintahkan memerangi manusia sampai mereka mengucapkan syahadat lalu mendirikan salat, membayar zakat. Apabila mereka telah melaksanaknnya maka mereka telah melindungi darah dan harta mereka dari bahayaku, kecuali  disebabkan hak islam dan perhitungan mereka kembali kepada Allah.
Orang yang menunda salat hingga habis waktunya adalah orang yang menanggung dosa besar. Dan orang yang meninggalkan salat secara total meski hanya satu salat saja maka dia seperti orang yang berzina dan mencuri karena meninggalkan setiap salat atau menundanya hingga tidak sempat mengerjakannya adalah satu dosa besar. Jika seseorang melakukan itu berulang kali maka dirinya termasuk orang-orang yang gemar melakukan dosa-dosa besar kecuali apabila dia bertobat dan jika terus-menerus meninggalkan salat maka dia termasuk ke dalam orang-orang yang merugi dan celaka.
Inilah beberapa ancaman bagi orang-orang yang meninggalkan salat, semoga kita semua tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang meninggalkan salat, karena meninggalkan salat adalah termasuk dosa besar bahkan termasuk dapat mengeluarkan seseorang dari agama islam. Semoga bermanfaat.
Wallahua’lam bissawab.
Sumber: Kajian Ust Dr. Khalid Basalamah
Previous
Next Post »
Thanks for your comment