15 Adab Ketika Makan




http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
     
     Pada kesempatan lalu kami telah membahas mengenai 10 Adab Sebelum Makan. pada kesempatan ini kami akan membahas Etika Ketika Makan, silahkan dibaca dan simak. agar kegiatan makan kita sehari-hari mendapatkan Keberkahan dari Allah swt.

1.     Mencuci Tangan Sebelum Makan
Orang yang hendak makan sebaiknya mencuci tangannya terlebih dahulu, apalagi jika tangan dalam kondisi kotor. Mencuci tangan sebelum makan tidak wajib jika kondisi tangan sedang bersih, akan tetapi jika tangan kotor maka sebaknya dicuci terlebih dahulu karena tangan yang kotor mengandung banyak kuman dan akan mendatangkan penyakit. Itulah yang dilakukan para pendahulu kita untuk menjaga kesehatan diri, dan menjauhkan diri dari penyakit.
2.     Menunggu Makanan Dingin
Rasulullah saw bersabda, sesungguhnya hal itu lebih banyak berkahnya (Ibnu majah [3286]). Yaitu makanan yang telah hilang panas dan asapnya. Makanan yang masih panas berbahaya terhadap kesehatan manusia, sebagaimana makanan yang sangat dingin. Karena setiap yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.
3.     Tidak Meremehkan Makanan
Meremehkan makanan tidak diajnurkan baik berada di rumah sendiri apalagi di rumah orang lain, karena perbuatan tersebut termasuk perbuatan yang menghina nikmat Allah swt. kita harus mengingat bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang tidak mempunyai apa-apa untuk dimakan. Orang yang meremehkan makanan maka selayaknya nikmat itu dicabut darinya.
4.     Tidak Mencela Makanan
Dengan mencela makanan berari dia telah menentang sunnah Rasulullah saw, meremehkan nikmat, dan akan menyakiti hati orang yang menyajikannya. Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw tidak pernah mencela makanan, jika dia suka maka dia memakannya dan jika dia tidak suka maka dia meninggalkannya.
5.     Mengingat Allah swt Ketika Makan
Dengan mengingat Allah swt saat makan, maka itulah pengakuan bahwa nikmat itu adalah milik Allah swt dan berasal dari-Nya. Etika ini akan mengusir setan yang ingin ikut serta menikmati makanan bersama orang yang hendak makan. Diantara doa-doa yang diajarkan saat handak makan adalah apa yang disabdakan oleh Rasulullah, jika salah seorang dari kalian sedang makan maka hendaknya dia berkata
Allahumma barik lana fihi wa’abdilna khairan minhu (Ya Allah, berkahilah kami dan makanan kami dan berilah ganti yang lebih baik.
6.     Memulai Makan dengan Membaca Basmalah
Ini adalah etika yang paling utama dan paling penting, dan telah diriwayatkan beberapa hadits dalam masalah ini, diantaranya Rasulullah saw bersabda, Wahai anak Adam, bacalah basmalah, makanlah dengan tangan kananmu dan dari apa yang dekat darimu (Shahih Bukkhari [5376, 5377, 5378]). Sedangkan apabila lupa membacanya dipermulaan makan, maka dia membaca apa yang disabdakan oleh Rasulullah sae, Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah dia membaca “Bismillah”, jika dia lupa membacanya dipermulaannya maka hendaklah dia membaca “Bismillahi awwalu wa’akhiruhu (Shahih al-Jami’ [38]).
7.     Tidak Terburu-Buru Memulai Makan
Handaklah seseorang tidak mendahului rekannya dalam memulai mengambil makanan, karena hal tersebut menandakan sifat rakus. Seorang penyair berkata, jika tangan-tangan telah terjulur pada makanan, maka aku bukan orang yang pertama (menjulurkan tangan), karena orang yang paling rakus adalah yang paling cepat (menjulurkan tangannya).
Kecuali rekan makannya menginginkan dia mengambil makanan terlebih dahulu, atau karena dia paling tua, atau dia adalah pemilik rumah dan rekannya tidak mau menjulurkan tangan sebelum dia, maka ini diperbolehkan untuk orang tersebut untuk mengambil makanan terlebih dahulu.
8.     Memulai dengan Makan Buah-Buahan
Inilah yang disebutkan oleh para ulama sebagai kesimpulan dari firman Allah swt
Buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan (al-Waqi’ah [56]: 20-21).
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa cara itulah yang paling bermanfaat terhadap badan dan paling baik untuk pencernaan.
9.     Makan dengan Tangan Kanan
Etika makan ini adalah suatu kewajiban, dan makan dengan tangan kiri hukumnya haram. Rasulullah saw bersabda, jika salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah dia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum maka hendaklah dia mimum dengan tangan kananya, karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya (Shahih Muslim [2020]).
10.  Makan dengan Tiga Jari
Yaitu makan dengan ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw makan dengan tiga jari. Cara makan dengan tiga jari merupakan cara makan yang seimbang antara makan dengan satu jari yaitu cara makannya orang sombong, dan makan dengan lima jari yaitu cara makannya orang rakus.
11.  Makan dari Hidangan yang Terdekat
Ini merupakan etika sopan santun yang mulia dalam tata cara makan. Seorang hendaklah makan dari hidangan yang berada di depannya dan tidak mengulurkan tangannya ke sana kemari untuk mengambil hidangan yang berada di depan orang lain, karena hal tersebut akan menyinggung orang lain dan dia akan dianggap sebagai orang yang rakus. Rasulullah saw bersabda, Makanlah dari (hidangan) yang berada di dekatmu (Shahih al-Jami’ [2022]). Kecuali hidangan yang dia inginkan tidak ada di dekatnya, maka dibolehkan baginya untuk mengambil makanan yang ada di depan orang lain.
12.  Memulai Makan dari Pinggir
Rasulullah saw telah memerintahkan untuk memulai makan dari pinggir piring. Beliau bersabda, makanlah dari pinggir nampan, dan jangan makan dari tengahnya, karena berkah turun di tengahnya (Shahih al-Jami’ [4502]).
13.  Mengunyah dengan Baik
Etika tata cara makan salah satu cara makan yang selayaknya diperhatikan oleh setiap orang, karena makan tanpa mengunyahnya dengan baik akan sangat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan. Selain itu, cara makan tanpa megunyahnya dengan baik akan menyebabkan seseorang menjadi rakus dan banyak makan.
14.  Mengecilkan Suapan
Hal ini tidak akan membuat orang lain merasa terganggu, karena orang yang makan dengan suara suapan yang besar akan membuat orang yang berada di sampingnya akan merasa terganggu dan dia akan dianggap sebagai orang yang rakus.
15.  Tidak Tergesa-Gesa
Kadang ada orang yang sedang mengunyah makanan di mulutnya sambil tangannya mengambil suapan berikutnya dan membiarkan tangannya menunggu kesempatan untuk memasukkannya ke dalam mulut. Ini tanda bahwa orang tersebut adalah orang yang rakus, di samping dia akan mengganngu teman makannya. Hendahlah kita makan secara perlahan-lahan dengan santai dan mengunyahnya dengan baik, dan tidak mengambil suapan berikutnya sebelum dia menelan apa yang ada di dalam mulutnya.
  
Previous
Next Post »
Thanks for your comment