Ilmu Terbaik Untuk Pensucian Jiwa Di Dunia Dan Akhirat



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Ilmu yang terbaik untuk mensucikan jiwa adalah (ilmu yang berkaitan dengan) mentauhidkan Allah swt dan manaati-Nya dan menaati Rasul-Nya. Penjabarannya dalam bentik mentauhidkan Alla swt, ikhlas kepada-Nya, merealisasikan makna La Ilaha Illallah dengan cara mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada Allah swt dan meninggalkan peribadahan selain-Nya, serta mengikhlaskan setiap amal kepada-Nya. Kemudian menjalankan perintah-perintah lain seperti shalat, zakat dan sebagainya. Meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah swt dan mempergauli sesame dengan akhlak yang baik, santun, ramah, sabar, dermawan, dan mulia.
Demikianlah seharusnya seorang mukmin bersikap. Rasulullah saw bersabda, Kebaikan itu adalah berakhlak yang baik (Hadits shahih)
Beliau juga bersabda, Saya memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Saya memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walupun dia bercanda. Saya memberikan jamian rumah di surga yang tinggi bagi orang yang membaguskan akhlaqnya (HR. Abu Dawud, no 4800; dishahihkan an-Nawawi).
Maka sikap santun, ramah, dermawan, akhlak yang baik dan bersegera melakukan kebaikan, menjauhi perbuatan tercela, dan bersemangat memberikan manfaat kepada orang lain, semua ini adalah akhlak mulai yang dapat mensucikan jiwa (seseorang), sebagaimana firman Allah swt
Sungguh beruntung orang yang mensucikannya (jiwa itu) (QS. As-Syams [91]: 9).
Maksudnya dari ayat yang mulia ini adalah mensucikan jiwa dengan menaati Allah swt dan menaati Rasul-Nya saw serta mengikuti syariatnya, memberikan manfaat bagi orang lain dan menyayangi mereka.
Allah juga berfirman
Dan sungguh rugi orang yang mengotorinya (QS. As-Syams [91]: 10)
Maksud dari ayat ini adalah sungguh rugi orang yang mengotori jiwanya dengan berbagai dosa dan kesalahan.
Wallahua’lam Bissawab
Sumber: Syaikh Ibnu Baz Rahimahullah
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
February 1, 2017 at 5:37 PM ×

sangat bermanfaat. terima kasih ilmunya

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment