Anda Stres? Baca dan Semua Jadi Beres! part 2



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Pada kesempatan ini kami akan melanjutkan bagaimana cara mengendalikan stres dan keluar dari tekanan stres yang dirasakan, jika pada artikel sebelumnya telah dibahas dampak yang dihasilkan oleh stres Anda Stres? Baca dan Semua Jadi Beres!, maka pada kesempatan ini kita akan mengetahui bagaimana cara keluar dari lingkungan stres tersebut. Untuk bisa keluar dari lingkungan stress, kita perlu mengetahui aktivitas-aktivitas penyebab stress. Ukurlah setiap aktivitas yang dirasa paling menyebabkan stress. Caranya ketika stress muncul, pertimbangkan hal-hal yang terjadi sebelumnya dan pastikan hal-hal yang terpikir saat itu. Dengan demikian kita dapat menemukan fektor dari penyebab stress tersebut.
Pekerjaan yang belum selesai-selesai juga merupakan salah satu penyebab stress. Jika kita telah mengetahui penyebab stress tersebut, maka kita bisa melakukan pencegahan. Kita bisa mengatasi masalah pekerjaan dengan cata mengelola waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.
Ada ungkapan, tiada hal yang dapat membuat diri kita menjadi stress, kecuali jika kita sendiri yang membiarkannya terjadi. Contohnya jika antrian panjang banyak orang yang meresa stress, akan tetapi sebagian orang malah menjadikannya sebagai wahana untuk penyaluran hoby, misalnya membaca buku dan lain-lain. Inilah pentingnya mengtahui penyebab stress disaat orang lain stress di sisi lain kita mampu mngubah persepsi mereka dan menjadikan momen tersebut sebagai sarana untuk menyalurkan hoby.
Berikut beberapa tips agar tubuh terhindar dari stress.
1.     Menjaga pola makan
Salah satu bahaya yang disebabkan oleh stress adalah mampu menurunkan daya tahan dan meningkatkan ketegangan pada tubuh. Oleh karena itu, asupan gizi sangat berperan pentinga dalam membantu tubuh kembali berfungsi normal. Berikut kita-kita menciptakan makanan sehat
·      Perhatikan jumlah asupan karbohidrat setiap hari
·      Seimbangkan jumlah kalori masuk dan keluar tubuh
·      Hindari terlambat makan dan minumlah air yang banyak
Sekarang kita tahu, bahwa diet yang sehat bukan hanya menurunkan berat badan, diet yang benar adalah kemampuan kita untuk mengelola pola makan agar tubuh menjadi lebih sehat
2.     Tidur Malam
Tidur malam merupakan cara istirahat terbaik yang bisa dilakukan setelah beraktivitas di siang harinya. Tidur malam yang baik akan membantu system tubuh kita bangkit dan berfungsi kembali dengan baik. Tak jarang jika tidur malam disebut-sebut sebagai kunci seluruh aktivitas kehidupan.
Tidur malam yang tidak pulas dapat merusak aktivitas keseharian kita. Kondisi fisik menurun, konsentrasi berkurang, bahkan dapat membuat mental tidak stabil.
Rokok, Miras Dan Narkoba
Sadarkah kita bahwa betapa merugikannya kebiasaan meroko dan meminum minuman keras. Para perokok berat sering kali kesulian tidur lelap. Begitu pula dengan penderita insomnia yang memilih untuk mengonsumsi minuman keras. Padahal langkah ini hanya membuat kualitas tidur mereka akan semakin memburuk.
Tidur memiliki beberapa fase, jika tidur kita mencapai fase tertinggi maka ketika terbangun tubuh kita akan terasa segar, baik secara fisik maupun pikiran. Berikut ini cara-cara untuk memiliki kebiasaan tidur yang baik.
·      Perbaiki jam biologis kita dengan tidur secara teratur sehingga tubuh selalu berada dalam siklus tidur.
·      Hindari kebiasaan lembur pekerjaan hingga larut malam
·      Beraktivitaslah secara proporsional setiap hari sehingga tubuh siap untuk beristirahat.
·      Lakukan relaksasi sebelum tidur, antara lain dengan duduk-duduk santai sambil mengatur napas sehingga kondisi otot-otot dan pikiran menjadi rileks.hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, nikotin, dan minuman keras
Tamasya Dan Olah Raga
Memelihara tubuh juga merupakan salah satu cara untuk mengendalikan stress. Olah raga dan relaksasi membuat tubuh kita lebih toleran terhadap stress sehingga ketika stress menyerang, kondisi tubuh kita cepat normal kembali.
Olah raga yang teratur tidak hanya membuat tidur kita lebih pulas. Program pengurangan stress melalui olah raga tidak selalu mensyaratkan aktivitas-aktivitas  fisik berat yang bertujuan untuk memperkuat otot atau mengurangi berat badan. Pergi keluar rumah dengan berjalan kaki pun cukup membantu. Asalkan kita melakukannya dengna teratur, sedikitnya 30 menit sebanyak tiga kali sepekan. Percaya atau tudak kita akan merasa lebih baik dan berbeda setelah melakukannya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment