2 Golongan Yang Akan Diangkat Derajatnya Oleh Allah swt



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Ada dua golongan yang akan selalu diangkat derajatnya oleh Allah swt. derajat yang diangkat disini maknanya ada dua, yang pertama adalah makna dunia. Orang yang diangkat derajatnya di dunua dia akan menjadi orang yang diistimewakan Allah swt, saat orang lain mendapat kesulitan maka dia dimudahkan, disaat orang lain rezekinya terhambat, rezekinya. Dipercepat. sedangkan makna yang kedua adalah makna akhirat. Orang yang diangkat derajatnya oleh Allah swt di akhirat, kelak di surga dia akanberada pada tingkatan surga tertinggi, dimana dia bisa langsung melihat Allah swt tanpa hijab, dimana hal ini diterangkan di dalam firman Allah swt dalam QS. Al-Qiyamah ayat 22-23
Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri Memandang Tuhannya (QS. Al-Qiyamah [75]: 22-23).
Pertanyaanya adalah Siapakah dua golongan orang-orang yang akan selalu diangkat derjatnya oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat ? Berikut Jawaban serta penjelasannya.
1.     Orang-Orang yang Selalu Meningkatkan Keimananya (Amanu)
Mereka adalah orang-orang yang selalu meningkatkan imannya kepada Allah swt. Meningkatkan iman dapat dilakukan dengan senantiasa menambah amal saleh kita. Oleh karena itu di dalam al-Quran kata “amanu” selalu disandingkan dengan amal saleh. Amal saleh yang dimaksud bisa dengan salat, puasa, sedekah dan amal saleh yang lainnya. Apabila kita hendak meningkatkan amal saleh melalui salat, jika selama ini kita hanya melakukan salat Fardu saja, maka kita bisa menambahnya dengan salat-salat sunnah, bisa berupa salat sunnah sebelum atau setelah salat fardu atau dengan menambahnya dengan salat sunnah yang lain seperti salat Duha dan salat Tahjud. Begitu pula jika kita ingin meningkatkannya dengan berpuasa, maka kita bisa memulai dengan memperbanyak puasa-puasa sunnah.
2.     Menuntut Ilmu (Ilmu Syar’i)
Yang paling istimewa dari golongan orang yang diangkat derajatnya oleh Allah ada yang khususkan bagi orang yang menuntut ilmu. Karena yang akan disediakan Allah swt bagi orang-orang yang menuntut ilmu adalah akan ditinggikan derajatnya.
Siapapun yang menyiapkan dirinya menempuh jalan untuk belajar maka Allah akan berikan kemudahan bagi setiap langkahnya untuk menitih surga dan sungguh para malaikat akan membentangkan sayapnya dan memberikan ridho bagi para penuntut ilmu (HR Muslim 1389)
Orang yang berilmu, dengan ilmunya akan memudahkan dia untuk masuk ke dalam surga. Karena orang yang beribadah dengan ilmu berbeda dengan orang yang beribadah tanpa ilmu. Jika kita hendak pergi menuntut ilmu maka yakinkan pada diri kita pada saat itu malaikat membentangkan sayapnya dan memberikan ridho kepada kita. Ridho disini berarti dua hal, yang pertama adalah malaikat akan mengaminkan setiap doa yang kita mohonkan kepada Allah swt. maka perbanyaklah berdoa ketika berada di majelis ilmu. Dan yang kedua adalah memohonkan ampunan bagi para penuntut ilmu. Maka hal yang sebaiknya dilakukan oleh penuntut ilmu adalah senantiasa berdoa dan beristigfar kepada Allah karena barang kali itulah cara terbaik untuk menggugurkan dosa dan menambah amalan kita. Dan nabi saw keutamaan orang yang berilmu dan mengamalkan ilmunya dibanding orang yang beribadah tanpa ilmu seperti keutamaan rembulan dibanding seluruh benda yang ada di langit.
Inilah dua golongan yang akan diangkat derajatnya oleh Allah swt. semoga kita termasuk ke dalamnya dan Allah swt senantiasa memudahkan segala urusan kita di dunia dan di akhirat kelak. Amin ya rabbal alamin.
Sumber: Kajian Ustad Adi Hidayat, LC. MA. “Hidup dalam Naungan Nabi saw”
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
January 25, 2017 at 9:08 PM ×

alhamdulillah nambah lagi ilmu agama saya. ane doakan pemilik blog ini selalu diberkahi oleh allah amin...

Reply
avatar
January 28, 2017 at 5:45 AM ×

subhanallah, sangat bermanfaat bangetz golongan golongan tersebut mudah mudahan saya termasuk satu diantaranya,, amin YRA

Reply
avatar
Unknown
admin
February 7, 2017 at 7:05 PM ×

amin Ya Rabbal alamin, mkasi doanya gan.

Reply
avatar
Yunita Sari
admin
March 25, 2019 at 9:11 PM ×

Alhamdulillah.. sngt bermanfaat. Semoga Allah selalu memberikan Rahmat dan hidayahnya bagi kita semua. Aminn ya rabbal alamin

Reply
avatar
Thanks for your comment