3 Informasi Penting dalam Hadis yang Wajib kita Ketahui



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Khalid bin Umair menceritakan Utbah bin Gazwan berkhutbah kepada kami, setelah memuji Allah dan menyanjung-Nya, dia mengatakan amma ba’ad. “sungguh dunia telah mengumumkan kekerasannya dan berpaling, tak tersisa kecuali sedikit sekali seperti sisa air dalam bejana yang diambil pemiliknya, sungguh kalian akan berpindah darinya, ke negeri yang tidak akan pernah sirna, karena itu berpindahlah dengan membawa sebaik-baik apa yang telah diberikan kepada kalian. Beliau (Rasulullah saw) menyebutkan kepada kami bahwa jarak di antara kedua daun pintu surga sejauh perjalanan 40 tahun, sungguh akan datang padanya suatu hari yang sangat berdesak-desakan sungguh kamu telah melihatku sebagai orang ke tujuh dari tujuh orang bersama Rasulullah saw kami tidak punya makanan selain daun pohon sehingga mulut kami luka bernanah  (HR. Muslim).
Hadis ini menjelaskan kepada kita bahwa dunia ini akan kita temukan banyak masalah, semuanya diisi dengan kekerasan dan ketidak nyamanan dan sisa umur dunia saat ini sangatlah singkat sehingga apabila ada orang yang hendak menikmatinya sudah terlambat karena dia sebentar lagi akan habis umurnya. Oleh karena itu kita dianjurkan membawa yang terbaik ketika telah meninggalkan dunia ini dengan cara mamaksimalkan shalat, memaksimalkan sedekah, memaksimalkan ibadah kepada Allah swt.  
Hadis yang mulia ini dibagi menjadi 3 bagian oleh para Ulama
1.     Informasi Bahwa Dunia Ini Hanya Sebentar
Informasi yang pertama adalah di dalam hadis ini disebutkan bahwa dunia ini hanya sementara. Oleh karena itu jangan mengejar dunia. Bahasa kinayah atau perumpamaan yang sangat baik di sini adalah barang siapa yang mau megejar dunia sesungguhnya dia sudah terlambat karena sekarang sudah tidak ada waktu lagi karena umur dia terbatas dan dunia ini juga telah berpaling karena sebentar lagi akan kiamat. Yang tersisa hanyalah tetasan-tetesan air dari sebuah bejana sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadis. Sebagai contoh coba bayangkan sebuah kenikmatan yang pernah kita dapatkan di dunia ini, kenikmatan apapun itu yang sifatnya memuaskan sekali dan coba kita pikirkan apakah hingga detik ini kita masih bisa merasakannya? Jawabannya pasti tidak. Begitulah dunia dia akan berpaling dari kita. Karena kenikmatan dunia tidak akan bisa terulang-ulang terus dan sifatnya hanya sementara.
2.     Penyampaian Bahwa Adanya Alam Akhirat
Pelajaran kedua dari hadis ini adalah penyampaian kepada kita bahwa adanya alam akhirat, dan di akhirat kelak semua bersifat kekal dan tidak akan pernah sirna. Dan kita harus sadar akan hal ini, sudah berapa banyak kematian yang telah kita saksikan di sekitar kita. Orang beriman menganggap kematian itu merupakan pintu menuju kehidupan abadi, tanamkan pada diri kita tentang kematian dan kehidupan akhirat karena ini merupakan rem yang akan mencegah kita untuk berbuat dosa dan berbuat maksiat dan merupakan gas yang sangat kencang untuk beribadah.
3.     Penyampaian Tentang Pintu Gerbang Surga
Pelajaran yang ketiga yang dapat kita petik adalah penyampaian tentang pintu gerbang surga di mana jarak antara dua daun pintunya adalah 40 tahun dan disebutkan bahwa pada hari kiamat kelak manusia akan berdesak-desakan.
Dan penutup hadis ini Utbah bin Gazwan mengatakan sungguh aku termasuk di antara tujuh dari tujuh orang yang bersama Rasulullah saw, ini merupakan bentuk kesaksian belau bahwa saat itu beliau benar-benar bersama Rasulullah saw dan yang dia sampaikan bukanlah sebuah dusta karena hal ini benar adanya dan kita harus percaya. Semua yang ada di dunia ini akan berlalu hingga pada saatnya semua akan sirna dan yang kekal dan abadi hanyalah apa yang ada di sisi Allah swt.
Wallahua’lam Bissawab
Sumber: Kajian Ust Dr. Khalid Basalamah, MA.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment