27 Dampak Negatif Perbuatan Zina



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Zina merupakan perbuatan yang sangat buruk dan tercela. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman
Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah sesuatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (Qs. Al-Isra [17]: 32).
Dalam ayat lain Allah subhanahu wa ta’ala berfirman
Dan orang-orang yang tidak menyembah ila yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina. (Qs. Al-Furqan [25]: 68-69).
Dalam ayat ini, Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan perbuatan zina setelah perbuatan syirik dan setelah pembunuhan terhadap jiwa yang diharamkan Allah subhanahu wa ta’ala. Ini menunjukkan betapa perbuatan zina itu sangat buruk.

Berikut adalah beberapa kejelekan yang akan terjadi apabila seseorang melakukan zina:
1. Zina mengurangi agama seseorang.
2. Zina menghilangkan sifat wara’.
3. Zina merusak kehormatan dan harga diri.
4. Zina mengurangi sifat cemburu.
5. Berzina mendapatkan murka Allah subhanahu wa ta’ala.
6. Zina menghitamkan wajah dan menjadikannya gelap.
7. Zina menggelapkan hati dan menghilangkan cahayanya.
8. Zina mengakibatkan kefakiran yang terus-menerus.
9. Zina menghilangkan kesucian pelakunya dan menjatuhkan nilainya di hadapan Rabbnya dan di hadapan manusia.
10. Zina mencopot sifat dan julukan terpuji seperti ‘iffah, baik, adil, amanah, dari pelakunya serta menyematkan sifat tercelah seperti fajir, penghianat, fasiq, dan pezina.
11. Berzina menyeburkan diri pada azab di sebuah tungku api neraka yang bagian atasnya sempit dan bawahnya luas. Sebuah tempat yang pernah disaksikan oleh Nabi sallallahu alaihi wasallam untuk menyiksa para perzina (HR. Bukhari dalam Shahihnya dari sahabat Samurah bin Jundab ra).
12. Zina menghilangkan nama baik dan menggantinya dengan al khabits sebuah gelar yang disematkan kepada para perzina.
13. Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kegelisahan hati buat para pezina.
14. Zina menghilangkan kewibawaan. Wibawanya hanya akan dicabut dari hati keluarga, teman-temannya dan yang lain.
15. Manusia memandangnya sebagai penghianat. Tidak ada seorangpun yang bisa mempercayainya mengurusi anak dan istrinya.
16. Allah subhanahu wa ta’ala memberikan rasa sumpek dan susah di hati pezina.
17. Perzina telah menghilangkan kesempatan dirinya untuk mendapatkan kenikmatan bersama bidadari di tempat tinggal indah di surga.
18. Perbuatan zina mendorong pelakunya berani durhaka kepada kedua orang tua, memutus kekerabatan, bisnis haram, menzhalimi ini orang lain dan menelantarkan istri dan keluarga.
19. Perbuatan zina dikelilingi oleh perbuatan maksiat lainnya. Jadi perbuatan nista ini tidak akan terealisasi kecuali dengan didahului, dibarengi dan diiringi beragam maksiat lainnya. Perbuatan keji menyebabkan keburukan dunia dan akhirat.
20. Pelaku zina wajib diberi sanksi; pezina yang belum menikah di dera 100 kali dan diasingkan selama setahun di daerahnya, sedangkan pelaku yang pernah menikah atau masih berkeluarga dirajam (dilempari) batu sampai mati.
21. Zina merusak nasab.
22. Zina menghancurkan kehormatan dan harga diri orang.
23. Zina menyebabkan tersebarnya wabah penyakit berbahaya, tha’un (lepra) dan tersebarnya penyakit kelamin yang umumnya sulit diobati.
24. Perbuatan zina membuka peluang bagi keluarganya untuk terjerumus dalam perbuatan serupa. Dalam pepatah dikatakan: Engkau akan dibalas sesuai dengan perbuatanmu.
25. Zina menyebabkan balasan amalan shalihnya menghilang sehingga ia bangkrut pada hari kiamat.
26. Di hari kiamat pelaku zina akan dihadapkan pada orang yang istrinya dizinai untuk diambil pahala kebaikannya sesuka sang suami sehingga tidak tersisa kebaikan sedikitpun.
27. Anggota tubuh seperti tangan, kaki, kulit, telinga, mata, dan lisan akan memberikan kesaksian yang menyakitkan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Pada hari (ketika) lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (Qs. an-Nur [24]: 24).

Inilah diantara sekian banyak efek negatif dari perbuatan zina. Semua ini memberikan gambaran betapa buruk perbuatan nista ini dan alangkah rendah moralitas pelakunya. Efek negatif perbuatan tak senonoh ini tidak hanya akan dirasakan oleh si pelaku tapi juga oleh sang anak yang tidak tahu-menahu. Semoga allah subhanahu wa ta’ala melindungi kita semua dan seluruh kaum muslimin dari perbuatan keji ini. Amin Ya Robbal Alamin.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment