Apakah sebenarnya Qarin Itu? Apakah Semua Manusia punya Qarin?



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/


Sesungguhnya dalam diri anak Adam terdapat bisikan dari setan dan bisikan dari malaikat Apakah maksudnya Qarin? Syukron

Jawaban:
Hadis yang anda maksudkan Lapasnya adalah sebagai berikut:
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahuanhu Dia berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya setan memiliki bisikan pada manusia, Malaikat Juga memiliki Bisikan. Bisikan Setan menjanjikan keburukan dan mendustakan kebenaran. Sedangkan bisikan malaikat menjanjikan kebaikan dan mempercayai kebenaran. Barangsiapa mendapatkannya, maka ketahuilah bahwa itu dari Allah subhanahu wata’ala. dan barangsiapa mendapatkan yang lain, maka hendaklah dia berlindung kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari setan yang dilaknat”. Kemudian Nabi membaca ayat: “Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir)”. (QS Al Baqarah: 268). (HR Tirmidzi, no. 2988, dishahihkan oleh Syeikh Al Albani).
Malaikat dan setan di dalam hadis inilah yang disebut dengan istilah Qarin. Di dalam hadis lain disebutkan:
Tidaklah seorang pun di antara kamu Kecuali disertakan padanya qarin dari kalangan jin (dan qarin dari kalangan malaikat)”. Para sahabat bertanya:Kepada anda juga wahai Rasulullah?”. Beliau menjawab: “Juga kepada saya, tetapi Allah Subhanahu Wa Ta'ala membantuku melawannya sehingga dia masuk Islam. Maka dia tidak memerintah ku kecuali dengan kebaikan”. (HR Muslim no. 2814; Ahmad No. 3770 dari Abdullah bin Mas’ud).
Qarin secara bahasa artinya pasangan, orang yang digabungkan, orang yang dijadikan kawan. Sehingga qarin di dalam hadis ini maksudnya ialah jin atau malaikat yang menyertai kepada setiap manusia. Jin tersebut selalu mengajak kepada keburukan, sedangkan malaikat selalu mengajak kepada kebaikan. Adapun hikmah diadakannya qarin bagi manusia dari kalangan jin dan Malaikat itu adalah sebagai ujian dari Allah subhanahu wata’ala kepada manusia. 
Wallahua’lam.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment