Bentuk-Bentuk Berbakti Kepada Orang Tua



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/


       Sebagai seorang anak maka patutlah kita untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tua kita, terlebih lagi bila keduanya telah memasuki usia lanjut, karena satu hal yang perlu kita renungkan adalah tanpa kedua orang tua kita, kita tidak akan pernah berada di dunia ini, dan perlu kita ketahui bahwa ridho Allah terletak kepada ridho kedua orang tua, untuk itu pada kesempatan ini kami akan menyajikan bentuk-bentuk bakti kita kepada orang tua, silahkan disimak.
1. Bergaul dengan keduanya dengan cara yang baik. Di dalam hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa, Memberi kegembiraan kepada seorang mukmin termasuk shadaqah, lebih utama lagi kalau memberi kegembiraan kepada kedua orang tua kita.
2. Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut. Hendaknya dibedakan adab berbicara antara kepada kedua orang tua dengan kepada anak, teman atau dengan yang lain. Berbicara kepada kedua orangtua hendaknya dengan perkataan yang mulia.
3. Tawadhu’ (rendah hati) tidak boleh kibr (sombong) apabila sudah meraih sukses atau memenuhi jabatan di dunia, karena waktu lahir kita berada dalam keadaan hina dan membutuhkan pertolongan, kita diberi makan, minum, pakaian, oleh kedua orangtua.
4. Memberi infaq (shadaqah) kepada kedua orang tua, karena pada hakekatnya semua harta kita adalah milik orang tua. Oleh karena itu, berikanlah harta itu kepada kedua orang tua ketika mereka meminta ataupun tidak.
5. Mendoakan kedua orang tua. Di antara doa yang dianjurkan adalah doa yang berada di dalam alquran surah Al-Isra ayat ke-24 yang artinya “….Wahai Rabbku kasihilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik ku sewaktu kecil”.
Seandainya orang tua masih berbuat syirik serta bid’ah, kita tetap harus berlaku lemah lembut kepada keduanya dengan harapan agar keduanya kembali kepada tauhid dan sunnah. Bagaimanapun syirik dan bid’ah adalah sebesar-besar kemungkaran maka kita harus mencegahnya semampu kita dengan dasar ilmu lemah-lembut dan kesabaran. Sambil terus menerus berdoa siang dan malam agar orang tua kita diberi petunjuk ke jalan yang benar.
Apabila kedua orangtua telah meninggal maka yang pertama kita lakukan adalah meminta ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan taubat nasuha (benar), bila kita pernah berbuat durhaka kepada keduanya di waktu mereka masih hidup, yang kedua yaitu mansholatkannya. Ketiga, selalu memintakan ampunan untuk keduanya. Keempat, membayarkan hutang-hutangnya. Kelima, melaksanakan wasiat sesuai dengan syariat. Keenam, menyambung tali silaturahmi kepada orang yang keduanya juga pernah menyambungnya.
Semoga dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai islam tersebut, kita dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam mewujudkan keluarga yang Sakinah Mawadah Warohmah. Semoga Salam dan Sholawat Allah curahkan kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam keluarga dan para sahabatnya. 
Wallahu A’lam.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment