Fiqih Menggunakan Tangan Kanan part. 2



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Sebagian orang terkadang masih saja keliru menerapkan penggunaan tangannya. Pada pembahasan kali ini kami akan memeparkan beberapa contoh pengginaan tangan kanan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pembahasa seperti ini akan kian memantapkan aspek keindahan dan kesempurnaan Islam sebagai agama kaum Muslimin. Silahkan di simak.
1.     Bersuci
Dasarnya adalah hadist ‘Aisyah ra yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, ia berkata:
“Nabi lebih menyukai menggunakan sebelah kanan dalam urusan-urusan beliau, dalam mengenakan sandal, menyisir dan bersuci”.
Maksudnya, dalam bersuci (berwudu atau mandi besar) beliau mendahulukan tangan kanan dan kaki kanannya (anggota tubuh bagian kanan). Demikian pula dalam menyisir rambut, beliau memulai dari sisi kanan. Dalam mengenakan sandal pun beliau memulainya dari sisi kanan.
2.     Memandikan Jenazah
Disebutkan dalam riwayat, kaum wanita menghadiri pemandian jenazah putri Rasulullah saw Zainab, Rasulullah berkata kepada mereka
Mulailah dengan anggota-anggota badan sebelah kanan..” (Muttafaqun ‘alaih)
Maksudnya adalah mendahulukan tangan kanan daripada tangan kiri, kaki kanan daripada kaki kiri, dan sisi kanan ketimbang sisi kiri.
3.     Makan dan Minum
Pada masalah ini ketegasan penggunaan tangan kanan dari Rasulullah saw telah dilupakan oleh sebagian kaum Muslimin. Karena saat ini begitu banyak yang menggunakan tangan kiri baik itu untuk mengambil makanan, gorengan misalnya dan lantas menyantapnya, maupun saat hendak meneguk air di dalam gelas ke mulut.
Menggunakan tangan kiri baik makan dan minum merupakan kebiasaan mahluk terlaknat, yaitu setan. Dan kaum Muslimin diperintahkan agar menjauhi perilaku dan kebiasaan mahluk sumber keburukan itu. Rasulullah saw mengatakan dalam sabdanya
Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaknya minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya (HR. Muslim)
4.     Mencukur Rambut
Sehubungan dengan mencukur rambut. Terdapat petunjuk Rasulullah untuk meminta tukang cukur agar memulai pengguntingan rambut dari sebelah kanan kepala. Dari Anas ra, bahwasanya Rasulullah saw (dalam musim haji) pergi ke Mina. Kemudian beliau melontar jumrah. Setelah itu, kembali ke tempat beliau menginap di Mina dan menyembelih hewan unta. Kemudian berkata kepada tukang cukur, “Ambil sini (dulu), beliau menunjuk bagian kanan kepala dan dilanjutkan dengan bagian kiri kepala…(Muttafaqun ‘alaih).
5.     Menyisir Rambut
Rambut Rasulullah kadang-kadang sampai telinga. Terkadang juga rambut beliau sampai mengenai pundak. Dengan rambut seperti ini, beliau selalu memperhatikan kebersihan dan keindahannya. Beliau menyisir dan meminyakinya hingga tampak bersih dan indah. Dalam menyisir dan meminyaki rambut, beliau memulainya dari sebelah kanan. Hal ini sesuai dengan kendungan hadits ‘Aisyah ra
Rasulullah lebih menyukai menggunakan sebelah kanan dalam urusan-urusan beliau, dalam bersuci, menyisir dan mengenakan sandal (HR al-Bukhari Muslim)
6.     Mengenakan Baju (pakaian)
Hal ini mengacu pada sabda Rasulullah saw
Jika kalian akan mengenakan pakaian dan berwudhu, mulailah dengan sebelah kanan kalian (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi dengan sanad shahih).
7.     Memakai Sandal (sepatu)
Dari abu Hurairah ra
Bahwasanya Rasulullah saw bersabda: Jika salah seorang dari kalian akan mengenakan sandal, hendaknya memulai dengan kaki kanannya. Dan apabila akan melepasnya, hendaknya memulai dengan kaki kirinya…. (Muttafaqun ‘alaih).
Selain hal-hal di atas, masih banyak perkara yang mesti dikerjakan dengan tangan kanan. Imam an-Nawawi rahimahullah telah menjelaskan secara mendetail dalam kitab Riyadhush Shalihin berkaiatan dengan kaidah menggunakan tangan kanan (tubuh bagian kanan) ini. Semoga bermanfaat
Wallahu a’lam Bissawab
Previous
Next Post »
Thanks for your comment