Puasa dapat Menyehatkan Tubuh Lahir dan Batin



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Puasa memiliki pengaruh mengagumkan dalam memelihara anggota tubuh yang di zhahir dan kekuatan batin, menjaga keseimbangan metabolisme dari unsur-unsur perusak, yang apabila sudah mendominasi akan merusaknya; membersihkan partikel-partikel yang mahal menghambat kesehatannya.
Maka puasa menjaga kesehatan hati dan kesehatan anggota badan, mengembalikan kepadanya apa yang telah terkikis syahwat. Puasa merupakan faktor penting untuk mewujudkan untuk mewujudkan ketakwaan, sebagaimana Allah subhanahu wata’ala berfirman:
”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”. (Qs. Al-Baqarah [2]: 183).
Nabi sallallahu alaihi wasallam bersabda: (Puasa adalah perisai) dan beliau sallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk berpuasa bagi orang yang mempunyai keinginan menikah sudah menggebu-gebu, (tetapi) ia tidak mempunyai kesanggupan untuk itu. Beliau shallallahu alaihi wasallam menjadikannya sebagai pengendali syahwat.
Maksudnya adalah ketika kemaslahatan-kemaslahatan puasa itu dapat terdeteksi oleh akal yang sehat, fitrah yang lurus, maka Allah mensyariatkannya sebagai rahmat dan wujud curahan kebaikan bagi mereka, serta sebagai cara untuk memelihara dan perisai (dari maksiat dan dari neraka) bagi mereka.
Sumber: Zadul-Ma’ad fi Hadyi Khairil-‘Ibad, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Darul-Kutubil-‘Ilmiyyah (1/211-212).
Previous
Next Post »
Thanks for your comment