8 Pintu Surga yang Wajib di Ketahui



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Manusia adalah mahluk yang diciptakan beragam dan tidak seragam oleh Allah swt maksudnya adalah anak yang dilahirkan dari rahim yang sama, belum tentu sama kecondongannya terhadap sesuatu. Bahkan anak yang kembarpun pasti memiliki perbedaan. Karena manusia memiliki kecondongan yang berbeda-beda terhadap sesuatu, Inilah yang membuat Allah swt menciptakan pintu Surga sebanyak delapan yang bisa dimasuki oleh hambanya dengan penyebab yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Terkadang ada diantara kita yang memaksakan untuk masuk ke pintu surga yang kita tidak memiliki kemampuan untuk masuk melalui pintu tersebut, padahal masih banyak pintu-pintu yang lain yang bisa kita masuki. Berikut adalah pintu surge yang disampaikan oleh Ust. Syafiq Basalamah dalam Kajiannya “Jangan Berhenti pada Satu Pintu”.
1.     Pintu Salat
Barang siapa yang ahli salat maka dia akan dipanggil dari pintu salat. Akan tetapi salat yang dimaksud bukan salat lima waktu, karena salat lima waktu adalah memang sebuah kewajiban bagi seluruh umat islam, yang dimaksud di sini adalah salat di luar salat lima waktu, mereka yang senantiasa tekun melaksanakan salat wajib dibarengi dengan salat sunnah, seperti salat Duha, salah Tahajud dan salat-salat sunnah yang lainnya, maka orang tersebut kelak di akhirat akan di masukkan ke dalam Surga melalui pintu salah
2.     Pintu Jihad
Rasulullah saw bersabda, barang siapa yang bersedekah dijalan Allah swt untuk berjihad, maka dia akan dipanggil melalui pintu jihad, di surga kelak ada pintu khusus yang disiapkan untuk orang-orang yang berjihad di jalan Allah. jihad adalah salah satu panggilan Allah swt yang sangat mulia, tak semua orang bisa memenuhi panggilan ini, karena hanya orang-orang yang benar-benar memiliki keimanan yang kokohlah yang rela meninggalkan segala urusannya, meninggalkan harta benda, meninggalkan istri dan anak-anak tercinta demi memenuhi panggilan Allah swt untuk terjun ke medan jihad dalam rangka membela agama Allah, maka kelak di akhirat orang tersebut akan dipanggil masuk ke dalam Surga melalui pintu Jihad. Ada orang-orang yang memang selalu terjun ke medan jihad dalam rangka membela agama Allah swt, dan ketika orang tersebut meninggal meski bukan di medan jihad, orang ini tetap akan dipanggil melalui pintu Jihad.
3.     Pintu puasa
Barang siapa yang ahli puasa, tekun puasanya, maka orang tersebut akan dipanggil melalui pintu puasa. Terkadang ada orang-orang yang hanya mengenal puasa ketika bulan ramadhan saja dan ketika ramadhan telah usai hatinya tak tergerak untuk melakukan puasa sunnah. Akan tetapi ada orang-orang yang senantiasa berpuasa, meski bulan ramadhan telah usai akan tetapi dia terus melakukan puasa, memperbanyak puasa sunnah (seperti puasa senin kamis) dan dilakukan terus-menerus dalam hidupnya, maka orang yang seperti inilah yang akan dipanggil melalui pintu Puasa.
4.     Pintu Sedekah
Pintu sedekah yang kata Rasul saw barang siapa yang ahli sedekah maka dia akan dipanggil dari pintu sedekah. Orang-orang yang diberikan keleluasan rezekinya maka dia mempunyai peluang untuk masuk ke dalam surga melalui pintu sedekah. Orang ini selalu mengeluarkan hartanya untuk kepentingan agama Allah swt. ingatlah bahwa untuk urusan akhirat kita diperbolehkan untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala dari Allah swt.
5.     Pintu haji
Nabi saw mengatakan, laksanakanlah haji dan umroh, sesungguhnya haji dan umroh bisa membersihkan kekufuran dan kefakiran. Orang yang berangkat haji akan selalu ingat kepada nikmat Allah swt, karena berangkat haji bukanlah perkara yang ringan, inilah yang membuat tidak semua orang bisa terpanggil untuk berangkat ke Baitullah. Haji adalah ibadah yang memerlukan perjuangan dan pengorbanan.
6.     Pintu menahan amarahnya dan Pintu Pemaaf
Hal ini berdasarkan riwayat Hasan al Basri, di Surga itu ada pintu yang tidak akan masuk dari sana kecuali orang yang memaafkan. Mamaafkan adalah perkara yang sangat berat, bagaimana tatkala kita dihina, dicerca, kemudian kita menahan amarah kita dan memaafkan orang yang telah bersikap demikian kepada kita. Karena tidak semua orang bisa memaafkan maka perkara memaafkan maka ganjaran yang disediakan Allah untuk orang-orang yang senantiasa menahan amarah dan memaafkan adalah Surga.
7.     Pintu Tawakkal
Ini adalah pintu yang disediakan untuk orang-orang yang bertawakkal kepada Allah swt. mereka adalah orang-orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab. Disebutkan dalam sebuah hadis, kelak akan ada 70.000 orang-orang yang masuk Surga tanpa hisab, mereka adalah orang yang bertawakkal kepada Allah, orang yang tidak meminta untuk dirukyah, mereka yang tidak bertatayyur (percaya dengan kesialan), dan mereka yang tidak berobat dengan besi yang dipanaskan.
8.     Pintu dzikir dan Ilmu
Ada orang yang senantiasa terus berdzikir kepada Allah, senantiasa berdzikir setelah salat, baik itu salat wajib dan salat sunnah, tidak pernah meninggalkan dzikir pagi dan petang, dan selalu membasahi bibirnya dengan berdzikir kepada Allah di sela-sela kesibukannya di mana pun dan kapan pun dia berada. Selain itu ada juga pintu ilmu, yang disediakan untuk orang-orang yang dalam hidupnya yang pernah berhenti menuntut ilmu, waktunya dihabiskan untuk belajar, mempelajari ilmu agama, senantiasa mengisi majelis-majelis ilmu, maka kelak orang tersebut akan dipanggil melalui pintu ilmu.
inilah kedelapan pintu Surga yang telah disediakan Allah swt untuk hamba-hamba-Nya semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung tersebut yang kelak akan dipangil melalui pintu-pintu tersebut, amin Ya Rabbal Alamin.
Sumber: Kajian Ust. Syafiq Basalamah “Jangan Berhenti di Satu Pintu”
Previous
Next Post »
Thanks for your comment