Anda Stress? Baca dan semua jadi Beres!



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Zaman dahulu para leluhur kita beranggapan bahwa semakin lanjut kehidupan manusia, maka kehidupannya akan semakin nyaman. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kehidupan manusia akan lebih termudahkan dengan adanya perlatan, pengobatan, dan penemuan baru, begitu yang mereka pikir. Akan tetapi malah yang terjadi sekarang adalah orang yang merasa hidupnya tertekan justru semakin banyak. Hasilnya stress bukan lagi dianggap sebagai penyakit aneh. Akan tetapi bahkan telah menjadi kebiasaan manusia jaman sekarang.
Tiap-tiap orang memang terlahir dengan potensi stress yang berbeda-beda. Akan tetapi perlu kita ingat bahwa, adakalanya, stress dengan bentuk tertentu, kadar yang pas, serta waktu yang tepat, bisa berguna bagi kehidupan. Namun, ada juga jenis stress yang merugikan kita.  Berikut adalah cara bagaimana kita mengetahui apakah stress yang kita rasakan akan berdampak positif atau sebaliknya.
Deteksi dini
Jenuh ketika beraktivitas adalah hal yang wajar, seperti halnya mod seseorang selalu ada selalu ada pasang surutnya. Meskipun demikian, jika kejenuhan berasal dari gangguan pikiran dan emosi, ini bisa berakibat tidak baik bagi kita. Karena ini terjadi akibat adanya gangguan yang mempengaruhi emosi kita. Selain gampang jenuh, gejala-gejalanya yang lain adalah:
·           Mudah marah
·           Bertindak berlebihan, baik agresif maupun defensif
·           Sukar berkonsentrasi atau mudah lupa
·           Senantiasa marasa fisik tidak sehat
Jika salah satu tanda-tanda tersebut terdapat pada diri kita, maka segeralah mencari akar permasalahannya. Oleh karena itu tetap lanjutkan membaca karena kita akan mengulas satu persatu stress serta apa yang menjadi seluk-beluknya.
1.     Manfaat dan mudarat stress
Meki kedengarannya aneh, sebenarnya stress berkaitan dengan perasaan senang. Misalnya ketika menaiki wahana permainan di taman bermain yang memacu adrenalin atau melakukan latihan terjun payung yang tingginya ribuan meter dari atas tanah, maka saat itu kita akan mnegalami peristiwa biologis yang disebut stress. Pada kasus ini stress dianggap baik. Mengapa demikian, karena situasi penyebabnya dapat terselesaikan dengan cepat. Akan tetapi tentu ini tidak berlaku pada semua orang.
Ini berbeda jika kita tidak mampu managgulangi penyebab stress dengan mudah dan segera. Stress akan bertumpuk dan membuat tubuh kita terus tertekan, padahal tubuh kita tidak dirancang untuk terus-menerus berada dalam tekanan, pada akhirnya hal ini akan membahayakan kesehatan emosi dan tubuh kita. Akhirnya stress akan menjelma menjadi sesuatu hal yang buruk dan merugikan.
2.     Relaksasi
Kejenuhan dan kepenatan yang dirasakan oleh tubuh tidak layak untuk dipertahankan. Hantikan aktivitas yang membuat kita berada dalam kondisi stress dan jangan paksakan diri. Sisihkan waktu untuk melakukan relaksasi ringan terlebih dahulu agar pikiran kita kembali tenang. Seseorang yang memaksakan diri ketika berada dalam kondisi penat, akan menghasilkan sesuatu yang jauh dari harapan. Rasa tidak nyaman akan memacu hormon tubuh yang bernama adrenalin.
Stress sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Stress yang ringan akan memacu seseorang untuk berfikir lebih cepat dan berusaha lebih keras sehingga dapat menjawab segala tantangan hidup yang dihadapi.
3.     Membayangkan Yang Indah-Indah
Tubuh kita telah dirancang untuk memiliki daya respon dan adaptasi yang luar biasa terhadap lingkungan. Ini merupakan respon yang menghasilkan mekanisme biologis yang mengagumkan karena dapat mencegah dampak negatif stress, misalnya menormalkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah dan memberikan rasa tenang. Untuk itu ketika kita sedang tertimpa stress, maka kita cukup membayangkan sesuatu indah dan menyenangkan yang dapat membuat kita melupakan stress yang kita rasakan.
4.     Mengetur Napas
Terkadang ketika kita sedang menghadapi sebuah persoalan yang rumit seringkali ritme napas tubuh menjadi tidak teratur. Jika ini terjadi, maka segeralah mengatur pola napas dengan cara duduklah yang santai, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan perlahan lalu atur rutme napas kita sejenak. Seiring dengan keteraturan napas, kerja sistem sirkulasi darah akan menjadi lancar, dan detak jantung pun kembali normal.
5.     Menahan perasaan
Kondisi emosi yang labil dan tidak stabil dapat menyebabkan kita menjadi hanyut dalam perasaan, yang menyebabkan lupa berlogika. Hal ini akan membahayakan kesehatan dan mental kita dan menjadi penyebab stress yang kuat. Meski tidak dapat dihindari, untunganya stress dapat diminimalkan. Oleh karena itu kita membutuhkan keseimbangan antara logikan dan emosi dalam memahami kondisi konflik dan kekacauan yang sedang kita hadapi. Dengan demikian kita dapat meminimalkan stress yang tidak perlu dan membuat diri kita lebih sehat baik secara fisik maupun mental. Untuk itu sebagai saran, mari kita pelajari kiat-kiat damai bersama stress.
Inilah beberapa pemaparan mengenai stress serta dampak yang bisa ditimbulkan baik itu yang sifatnya positif hingga yang bersifat negatif yang kebanyakan orang merasakannya. Oleh karena itu kita harus pandai untuk memposisikan diri kita ketika serangan stress menimpa. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan stress menjadi semakin parah dan jangan lupa untuk mengkondisikan diri pada kondisi nyaman ketika sedang stress bukan malah bertahan pada kondisi tersebut karena justru akan memperparah stress yang kita rasakan. Sekian dan terima kasih. Jangan lupa di share kepada penderita-penderita stres yang lain agar mereka sadar dan tahu cara menghadapi cara menghadapi stress yang baik dan benar. J
Previous
Next Post »
Thanks for your comment