7 Kiat Agar Bisa Istiqamah dalam Menjalankan Ibadah Kepada Allah swt



http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
Semua orang pasti sangat menginginkan terus hidup dalam ketaatan kepada Allah swt, akan tetapi hidup dalam ketaatan bukanlah hal yang mudah, karena sejatinya iman kita laksana ombak di lautan yang kadang pasang akan tetapi juga kadang surut, dan inilah yang membuktikan bahwa manusia adalah mahluk yang lemah dan rapuh. Oleh karena itu, kita harus senantiasa memohon kepada Allah swt agar diberi keistiqamahan dalam menjalankan setiap perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Berikut adalah beberapa kita agar kita tetap berada dalam keistiqamahan tersebut.
1.  Ilmu
Hal ini terjadi karena ilmu dapat menyentuh iman kita. Dengan bertambahnya ilmu, maka iman kita juga akan bertambah, dan ketika iman kita bertambah maka amal saleh kita juga akan bertambah. Akan tetapi ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang benar dan sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah. Kata sebagian ulama salaf, Ilmu itu baru akan mamberikan kepadamu setengah dirinya pada saat engkau memberikan seluruh hidupmu. Artinya kia harus memberikan semua yang kita punya untuk bisa mendapatkan ilmu.
2.  Mengaplikasikan Ilmu Yang Kita Punya
Belajar saja tidak cukup, kita juga harus mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari di dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah dengan membiasakan mempraktekkan ilmu yang kita punya, dengan dirutinkannya kita mengaplikasikan ilmu kita, maka inilah yang akan membuat kita istiqamah. Contohnya orang yang sering melakukan salat dhuha setiap hari maka dengan sendirinya akan istiqamah melakukannya dan akan merasa ada yang kurang  dan merasa terganggu bila lupa untuk mengerjakannya.
3.   Mengetahui Fadilah Ibadah Yang Akan Kita Kerjakan
Yang dimaksud dengan fadhilah adalah manfaat positif dari ibadah yang akan kita lakukan. Sebagai contoh, jika kita ingin melakukan salat tahajud, yang kita lakukan bukanlah memasang alarm agar bisa bangun, akan tetapi membaca beberapa hadist tentang salat malam sebelum kita tidur, insya Allah kita akan terbangun dengan sendirinya. Ini adalah cara yang paling baik untuk membangkitkan keinginan ibadah kita dan insya Allah akan tetap istiqamah di dalamnya.
4.  Mengetahui Ancaman Dari Dosa Yang Dikerjakan
Selain kita mengetahui fadhilah dari ibadah yang kita kerjakan, kita juga harus mengetahui ancaman yang akan kita terima apabila melakukan dosa tersebut. Maka dengan sendirinya kita akan berhenti dan bahan membuat kita takut untuk melakukan perbuatan dosa.
5.  Menggunakan Fasilitas Ilmu
Dengan semakin berkembangnya zaman dan makin canggihnya teknologi saat ini, maka ini juga dapat kita gunakan untuk lebih banyak belajar dan memaksimalkan dalam menuntut ilmu. Misalnya ketika kita tidak sempat untuk menghadiri majelis ilmu, kita bisa melihatnya di televisi, smartphone, mendengarkannya di radio dan media yang lain untuk lebih memperdalam ilmu yang kita miliki.
6.  Bentuk Komunitas
Komunitas yang dimaksud adalah komunitas yang di dalamnya terdapat orang-orang saleh, ini akan membantu kita untuk selalu istiqamah di dalam mengerjakan ibadah kepada Allah swt, karena dengan bergabungnya kita pada komunitas tersebut, maka interaksi kita dengan orang-orang saleh akan semakin banyak, dan tentu akan selalu menggugah iman kita.
7.  Sadari Kelak Akan Ada Kehidupan Akhirat
Ini adalah hal yang sangat penting, untuk bisa selalu istiqamah, maka kita harus menyadari bahwa kelak akan ada kehidupan akhirat dan dunia ini hanya akan berakhir. Ini yang harus menjadi pegangan kita bahkan harus menjadi prinsip kita dalam mengarungi kehidupan.
Inilah kiat-kita yang dapat kita lakukan agar senantiasa istiqamah dalam menjalankan ibadah kepada Allah swt dan jika kita menerapkannya dalam kehdupan sehari-hari, maka insya Allah kita akan terhindar dari doa. Semoga bermanfaat. Jangan lupa di share kepada teman-teman kita yang lain.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment