Kiat Memperoleh Ilmu dari Buku

http://markasmuslim14.blogspot.co.id/




    Artikel kali ini akan membahas tentang tips bagi seorang penuntut ilmu, khususnya bagi para pemuda yang mencari ilmu agama yang didapatkan melalui buku-buku, baik yang ada di perpustakaan, maupun yang ada di toko buku yang akan kita beli.
 
       Sebagaimana ilmu adalah sesuatu yang akan selalu mengontrol kita untuk senantiasa berada di atas Rahmat Allah swt. jika kita hendak mengambil ilmu dari seorang ulama maka hendaknya kita juga mengambilnya menggunakan buku-buku yang ditulis oleh ulama tersebut. Dan apabila ingin membaca buku, maka di sarankan untuk terlebih dahulu membaca buku-buku kecil terlebih dahulu, atau dengan kata lain buku yang judulnya simpel yang membahas subtansi agama kita, jelas dan mudah dipahami serta membahas sesuatu yang detail di satu poin. Jangan langsung membeli buku-buku yang tebal kemudian dijadikan referensi harian, jangan sampai kita menjadi sulit memahaminya karena banyaknya pambahasan yang ada di dalamnya dan biasanya membuat kita malas jika materi pada buku bacaan yang akan kita baca sangat banyak.

       Dan satu hal yang perlu kita ingat, setelah membaca buku maka tidak berarti kita sudah tidak memerlukan seorang guru, kita tetap harus mendatangi ahlinya, untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai ilmu yang telah kita baca. Karena sesuatu yang kita dapatkan bukan dari ahlinya akan membahayakan kita, bisa jadi kita menjadi salah paham akan ilmu tersebut. Berikut adalah Kiat-kiat jika kita membeli buku

Buka Bungkusnya 
Hal ini penting, Karena betapa banyak orang yang bila membeli buku langsung di simpan di lemari buku dan masih dibungkus dengan plastiknya. Akhirnya buku itu tidak pernah di baca, tentu saja buku yang dibeli menjadi tak berguna.

Baca Daftar Isi
Sebaiknya kita membaca daftar isi, jangan langsung membuka buku secara acak, karena daftar isi adalah kesimpulan dari poin-poin yang ada di buku, sehingga akan memudahkan kita untuk mendapatkan dan memahami isi buku secara rinci.

Pilih Topik Yang Menarik 
Kita bisa mencari apa topik yang paling menarik untuk kita baca terlebih dahulu. Hal ini akan menggugah semangat kita dalam membaca buku, jika kita telah menemukan judul yang menarik dari buku tersebut.

http://markasmuslim14.blogspot.co.id/
 
Luangkan Waktu Kita Untuk Membaca Minimal 5 Menit
Apabila kita tidak mempunyai cukup waktu untuk membaca maka setidaknya kita bisa meluangkan waktu kita meski hanya 5 menit untuk membaca buku tersebut, kemudian kita tandai sampai di mana bacaan kita. jika memiliki waktu luang maka silahkan membaca semampu kita.

Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan topik penting di buku dan dengan rutin membecanya meski hanya sebentar akan membuat kita menjadi penasaran dengan buku itu dan akhirnya dengan sendirinya kita akan terus membacanya sampai selesai.

       Inilah beberapa kiat yang dapat kita terapkan sebagai penuntut ilmu, apabila hendak membaca buku yang hendak kita jadikan referenda untuk menambah dan memperbaharui ilmu agama kita. mudah-mudahan bermanfaat.
 
Baca Juga :

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
July 6, 2017 at 10:43 PM ×

alhamdulillah bermanfaat :-bd

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment